Ini 3 Teknik dan Rahasia Berpidato Ala Barack Obama

Barack Obama saat berpidato.

BERBICARA Tentang Presiden Barack Obama, pantas diakui bahwa ia adalah salah satu orator dan pembicara terbaik di dunia.

Dalam sebuah artikel di Forbes berjudul Barack Obama A Master Class In Public Speaking, Carmine Gallo menjelaskan bahwa dalam pidato presedin Barack Obama selalu menggunakan berbagai macam teknik berbicara kelas dunia untuk memikat pendengarnya.

Namun diantara teknik-teknik berpidato yang digunakan ada tiga teknik yang selalu ia gunakan secara konsisten di hampir semua pidato yang ia lakukan. Ketiga teknik pidato presiden Barack Obama tersebut adalah transendensi, pengulangan, gesture dan suara.

Transendensi
Transendensi yaitu menggunakan bahasa yang konkret dan nyata. Tidak bertele-tele dan tidak menggunakan jargon yang memuakkan audiens.

Ada alasan sederhana mengapa menggunakan teknik transendensi begitu efektif untuk memikat audiens, alasan itu adalah karena audiens sudah muak dengan jargon. Mereka tidak peduli jargon, yang mereka pedulikan adalah kejelasan dari apa yang kita sampaikan.

Pengulangan
Teknik Pengulangan atau anaphora adalah adalah teknik berbicara di mana kita mengulang kata frase di awal kalimat yang disampaikan berturut-turut.

Dan berikut ini adalah penggalan kalimat bagaimana Barack Obama menerapkan teknik pengulangan dalam pidato pelantikan presiden 2013.

Gesture dan Suara
Gesture mencerminkan kejelasan pemikiran dan rasa percaya diri. Dan presiden Barack Obama memahami hal ini dengan sangat baik. Sehingga dalam setiap pidatonya ia dapat menggunakan gesture tubuhnya dengan sangat efektif untuk menekankan setiap kalimat yang ia sampaikan.

Selain gesture presiden Barack Obama juga menggunakan suaranya atau bahasa verbal dengan sangat efektif. Dia mengatur volume suaranya, mengatur kecepatan suara dan menggunakan jeda dengan sangat baik untuk memberikan dampak yang lebih kuat pada apa yang ia sampaikan.

Demikianlah 3 rahasia teknik pidato presiden Barack Obama yang berkelas tersebut. Namun untuk mencapai seperti apa yang telah dicapai oleh presiden Barack Obama tidaklah instan. Anda perlu terus belajar dan berlatih. Anda juga perlu mengembangkan teknik yang lain untuk mencapai hasil yang maksimal.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan membaca dari blog, buku, maupun mengikuti kegiatan seminar dan pelatihan seperti seminar public speaking, in house training presentasi atau training publik presentasi. Kemudian latih dan praktekkan.

Dengan mengasah kemampuan Anda melalui berbagai macam media tersebut, maka presentasi Anda selanjutnya akan lebih baik dan hebat dari sebelumnya.(***)

BAGIKAN