Inilah 5 Keunggulan Jokowi untuk Menangkan Pilpres 2019

Sebentar lagi, pesta demokrasi lima tahunan akan digelar di Tanah Air tercinta. Menjelang ajang lima tahunan ini, calon petahana Joko Widodo (Jokowi) diprediksi akan menuai kemenangan kembali karena memiliki sejumlah keunggulan, misalnya saja memiliki elektabilitas dan popularitas yang cukup tinggi.

Dari sekian banyak tokoh nasional, Jokowi memang bisa dibilang yang paling populer karena sering melakukan blusukan ke rumah-rumah warga. Setidaknya ada lima keunggulan dari Jokowi yang bisa membawanya kembali memimpin Indonesia.

Mendapat Dukungan dari Banyak Partai Politik
Jokowi sendiri sudah tercatat mengantongi tujuh tiket parpul untuk maju kembali di Pilpres 2019. Ketujuh parpol tersebut yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Golkar, Nasdem, Partar Persatuan Pembangunan (PPP), Hanura, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Perindo. Dengan begitu, lebih dari setengah parpol peserta pemilihan umun telah memberi dukungan penuh untuk Jokowi. Bahkan terdapat kabar, bahwa dua parpol lagi akan merapat, yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Demokrat.

Sangat Unggul Dalam Program Pembangunan Infrastruktur
Dilihat dari hasil survei Polmark Indonesia, tingkat kepuasan publik atas kinerja Presiden Jowoki mencapai 75,8 persen. Kinerja yang paling baik dari era Jokowi adalah pembangunan dalam sector infrastruktur.

Dalam masa kepemimpinannya, Jokowi mempercepat pembangunan infrastruktur, misalnya mempercepat pembangunan jalan penghubung di sejumlah daerah sampai pembangunan bandar udara. Hasil kinerja ini bisa menjadi modal yang kuat untuk Jokowi melenggang kembali di Pilpres 2019.

Unggul di Sejumlah Lembaga Survei
Hampir semua lembaga survei di Indonesia mencatat bahwa Jokowi menempati urutan paling atas, baik dari segi popularitas ataupun elektabilitas, sebagai capres 2019. Dilihat dari hasil lembaga surver tersebut, Jokowi pun punya saingan yang cukup kuat yaitu Prabowo Subianto.

Lembaga survei pun mendata, keunggulan Jokowi sebagai capres 2019 dapat lebih unggul karena didukung oleh beberapa aspek, antara lain sebagai presiden yang berhasil membangun infrastruktur, merakyat dan lainnya.

Dekat Dengan Pemuka Agama dan Rakyat
Jokowi memberikan pengaruh positif kepada rakyat, hal ini pun yang menjadi penyebab utama tingginya popularitas dan elektabilitas Jokowi. Program unggulan Jokowi semenjak kampanye sampai saat ini adalah blusukan. Bahkan, Jokowi pun dinilai mampu membaur dengan semua kalangan, tanpa terkecuali, mulai dari tokoh agama sampai generasi milenial.

Bertatus Sebagai Petahana (Incumbent)
Keunggulan terakhir dari Jokowi yang mampu menghantarkannya sebagai pemimpin Indonesia untuk kedua kalinya adalah Jokowi bukanlah kader partai politik. Jokowi adalah calon petahan yang sudah mendapat banyak dukungan dari parpol meski bukan kadernya.(***)

BAGIKAN