Jokowi Angkat Jenderal Andika Perkasa Jadi KSAD, Gantikan Jenderal Mulyono

Presiden Jokowi saat melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi KSAD.

JAKARTA, JOB – Presiden RI Ir Hi Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letjen Andika Perkasa, yang sebelumnya menjabat Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).  Ia menggantikan Jenderal Mulyono yang sudah memasuki masa pensiun pada Januari 2019.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2018). Bersamaan dengan pelantikan sebagai KSAD, pangkat Andika Perkasa pun naik menjadi Jenderal empat bindang penuh.

Kenaikan pangkat Andika didasari Keppres Nomor 98/TNI/2018, yang ditandatangani hari ini juga oleh Presiden Jokowi.  “Menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada perwira tinggi TNI atas nama Letnan Jenderal Andika Perkasa menjadi Jenderal TNI,” demikian petikan Keppres kenaikan pangkat Andika yang dibacakan oleh Sesmilpres Marsda Trisno Hedardi.

Menurut Presiden Jokowi, KSAD Jenderal Andika Perkasa adalah sosok yang komplet. Sebab, Andika pernah menjabat berbagai posisi strategis, seperti Komandan Paspampres dan Panglima Kostrad.

“Ini kan kita melihat rekam jejak Pak Andika pernah di Kopassus, pernah di Kodiklat, pernah di Pangdam, pernah di Kostrad, sebelumnya di penerangan, saya kira komplet. Pernah jadi Komandan Paspampres. Semuanya komplet. Memang ada beberapa kandidat, tetapi inilah yang kita putuskan,” ujar Jokowi di Istana Negara.

J

Jenderal Andika Perkasa saat diambil sumpah.

okowi menyebut, awalnya ada empat nama yang diusulkan menjadi KSAD pengganti Jenderal Mulyono. Namun Jokowi akhirnya menunjuk Andika. Andika baru menjabat Pangkostrad pada Juli 2018.

“Coba dilihat saja perjalanan karier Pak Andika, saya kira sudah memenuhi semuanya,” kata Jokowi.

Andika juga lulusan akademi militer tahun 1987. Menurut Jokowi, penunjukan Andika tidak ada sangkut-pautnya dengan sosok muda.

“Kita bukan muda atau tidak muda. Sekali ada, semuanya akan ada hitung-hitungannya, terutama pengalaman, rekam jejak, pendidikan yang telah dijalani, semua kita lihat,” ucap Jokowi.

Lantas, apakah ada tugas khusus untuk Andika?

“Nggak usah tugas khusus, KSAD baru tahu apa yang dikerjakan, tahu 100 persen tahu,” ujar Jokowi.

KSAD Jenderal Andika Perkasa salam komando dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sementara itu, Jenderal Andika Perkasa usai pelantikan mengaku siap mengemban jabatan sebagai KSAD. Ia siap menjaga amanat yang diberikan Jokowi.

“Pesan beliau secara khusus sih nggak ada, hanya beliau memberikan kepercayaan kepada saya, saya secara otomatis kemudian harus menerjemahkan bahwa tugas ini harus saya jaga kepercayaan dari presiden, yang telah memberikan kesempatan, gitu aja,” kata Andika.

(vvn/dtc)

 

 

BAGIKAN